I. FLIP-FLOP
Ø Gerbang
AND, OR, dan NOT adalah unsur pembuat keputusan. Dengan bahan dasar ini, para insinyur dan teknisi membuat rangkaian yang
dapat mengenal kata, mengkonversi dari desimal ke biner, melakukan operasi
aritmatika, dan melaksanakan operasi logika. Namun itu pun belum
mencukupi.
Ø Komputer memerlukan unsur memori yakni alat yang
mampu menyimpan digit biner. Contoh sederhana adalah teras ferit. Dimagnetkan
ke satu arah, ia menyimpan biner 0; kearah lainnya biner 1.
II.JENIS-JENIS FLIP-FLOP
1. FLIP-FLOP RS
Ø Flip-flop
adalah unsur memori yang menyimpan digit memori dalam bentuk voltasae rendah
atau tinggi.
Ø Flip-flop RS adalah salah satu di antara flip-flop
yang paling sederhana.
- RS (Riset, Set)
R
|
S
|
Q
|
Q
|
modus
|
0
|
0
|
1
|
0
|
Tetap
|
0
|
1
|
1
|
0
|
Set
|
1
|
0
|
0
|
1
|
Reset
|
1
|
1
|
0
|
0
|
Dilarang
|
b. Lambang Flip-Flop RS
Ø Masukkan S
tinggi men-set Q ke 1,masukan R tinggi me-riset Q ke 0. keluaran Q akan terus
menerus tetap pada keadaan itu sampai ia
disulut ke keadaan sebaliknya.
Gambar : lambang untuk flip-flop RS
Ø Komputer menggunakan ribuan flip-flop. Untuk
mengkoordinasikan kegiatan kseluruhan, sinyal umum yang bernama kunci-waktu
(clock) dikirimkan ke setiap flip-flop. Sinyal ini mencegah flip-flop
berubah keadaan sebelum waktunya.
Ø Gambar diatas merupakan contoh yang menunjukan kunci waktu positif. Ia membuat flip=flop
menunggu masukannya sampai pada saat kunci-waktu berubah dari rendak ke tinggi.
2.FLIP-FLOP D
Ø Flip-flop
RS mempunyai dua masukan data : S dan R. untuk menyimpan bit tinggi, kita
memerlukan S tinggi, untuk menyimpan bit rendah, kita memerlukan R tinggi.
a.
Flip-Flop D Tidak Berkunci
Ø Gambar di bawah
ini menunjukan bagaimana kita membuat flip-flop D. bit data D menggerakan
masukan S serta pelengkap D menggerakan masukan R. karena itu, D tinggi men-set
atau me-riset flip-=flop serta D rendah me-risetnya.
Ø Flip-flop D pada
gambar tidak berkunci waktu ia akan men-set atau meriset, sebegitu D menjadi
tinggi atau rendah. Flip-flop tidak berkunci-waktu seperti ini hampir tidak
pernah di gunakan orang.
Gambar: flip-flop D
b.
Flip-Flop
D Berkunci Waktu
Ø CLK rendah membuat gerbang AND disable
sehingga ia mencegah flip-flop untuk berubah keadaan. Dengan kata lain, selama
CLK rendah, flip-flop tergrendel pada
keadaan terakhirnya.
Ø Ketika CLK tinggi,
nilai D menjadi penting. Dalam hali ini, D tinggi men-set flip-flop sedangkan D
rendah merisetnya.
Table di bawah ini
meringkaskan operasi itu.
Tabel Flip-Flop D
CLK
|
D
|
Q
|
0
|
X
|
Status terakhir
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
Ø X menyatakan 0
atau 1 sehingga, selama CLK rendah, nilai D adalah tidak penting karena
flip-flop tetap tergrrendel. (sementara itu, X dinamakan takacuh karena ia
tidak mempunyai efek ).ketika CLK tinggi, maka :
Q = D
Ø Gambar di bawah
ini menunjukkan lambang dari flip-flop D berkunci waktu. Manakala kita melihat
lambing ini, ingatlah artinya. Selama CLK rendah, flip-flop tergrendel pada
keadaan terakhirnya, ketika CLK tinggi, flip-flop men-set atau me-riset,
bergantug pada nilai D.
Gambar : lambang
untuk flip-flop D berkunci-waktu
c.Flip-Flop
D Bersulut Tepi
1. Sulut Tepi
Ø Melalui rancangan, konstamta waktu RC di buat
jauh lebih kecil dari lebar pulsa kunci waktu. Karena itu, kapasitor
dapat diiisi penuh ketika CLK tinggi, pengisian eksponensial ini menghasilkan
suatu hambatan, suatu taji voltase positif yang sempit.
Ø Taji positif sempit itu menyebabkan gerbang
AND enable selama sesaat, taji negative sempit tidak berbuat apa-apa. Akibatnya
adalah penggiatan gerbang AND selam taji positif yakni setara dengan menjejaki
niali D selama sesaat. Pada titik unik ini dalam skala waktu, D dan
pelengkapnya mencapai masukan flip-flop serta memaksa Q untuk set atau riset (
keculai kalu memang Q sudah sam dengan D ).
Ø Operasi macam ini disebut atau dikenal
sebagai sulutan tepi karena flip-flop hanya memberi tanggapan ( respon ) ketika
kunci waktu berada pada peralihan di antara kedua keadaan voltasenya.
Penyulutan pada gambar diatas terjadi pad tepi depan posoitif dari kunci-waktu
itu sebabnya, ia dikenal sebagai sulutan tepi-positif.
2. Preset dan Clear
Ø Ketika pertama
di beri daya, flip-flop tersususn dalam keadaan acak. Untuk memulai kerja pada
sejumlah komputer, operator harus menekan tombol riset induk. Tekanan tombol
ini mengirim sinyal clear atau riset ke semua flip-flop. Demikian pula,
sejumlah computer memerlukan preset (sinonim dengan “set” ) pada flip-flop
tertentu.
Ø Sulutan tepi
adalah sama seperti yang dikemukakan sebelum ini. Lebih dari itu,jika kita
mengkehendakinya, gerbang OR memungkinkan kita untuk menyisipkan PRESET ( PR )
tinggi atau CLEAR ( CLR ) tinggi. PR tinggi memaksa Q menjadi 1 CLR tinggi
meriset Q ke 0.
3. lambang
Ø Rangkaian pada
flip-flop D tidak menggunakan rangkaina RC untuk memperoleh taji sempit karena
kapasitor sulit di padu ke atas cip. Sebagai gantinya, diperlukan beraneka jenis rancangan gandeng langsung.
Ø Gambar di bawah
ini menunjukkan lambing flip-flop D bersulut tepi positif. Masukan CLK
mempunyai segitiga kecil yang digunakan sebagai pengingat akan penyulutan tepi.
Masukan D dijejak dan disimpan pada tepi awal kunci waktu.
Gambar : lambang untuk
flip-flop D bersulut tepi positif
4.
Waktu Tangguh Rambatan
Ø Dioda dan
transistor tidak dapat segera mensakelar status.Waktu sakelar adalah sebab
utama dari waktu tangguh rambatan yang dinyatakan sebagai tp. Mereka
menyatakan banyaknya waktu yang diperlukan oleh keluaran gerbang atau flip-flop
untuk berubah status setelah masukan berubah status. Misalnya, jika lebar data
flip-flopD menunjukan tp, sebesar 10 nanodetik, maka Q memerlukan
waktu kira-kira 10 nanodetik untuk berubah status setelah D dijejak oleh tepi
kunci-waktu.
Ø Waktu tangguh rambatan adalah kecil sehingga,
dalam banyak penggunaan, dapat diabaikan .
5. Waktu
Siap
Ø Kapasistansi
tercecer pada masukan D (di tambah faktor lain ) menyebabkan penting bagi bit
data D untuk sudah berada di masukan sebelum tepi CLK tiba. Waktu siap tsiap
adalah waktu minimum yang diperlukan oleh bit data untuk siap sebelum
tepi CLK tiba.
Ø Misalnya, jika
lembar data flip-flop D menunjukan bahwa tsiap adalah 15 nanodetik,
maka bit data yang akan disimpan itu sudah harus berada di masukan D, paling
sedikit, 15 nanodetik sebelum tepi CLK kalau tidak, pabrik tidak menjamin
terjadinya penjejakan dan penyimpanan bit yang benar.
6. Waktu
Tahan
Ø Lebih lanjut, bit data D harus ditahan cukup
untuk menunggu agar transistor sempat berubah status. Hanya setelah ubahan itu
pasti terlaksana, barulah kita membolehkan bit data berubah lagi. Waktu
tahan ttahan adalah waktu
minimum yang diperlukan oleh bit data untuk terus berada setelah tepi CLK tiba.
Ø Misalnya, jika tsiap adalah 15
nanodetik dan ttahan adalah 5 nanodetik, maka bit data harus berada
di masukan D, palinh sedikit 15 nanodetik sebelum tepi CLK tiba serta bertahan,
paling sedikit selama 5 nanodetik setelah tepi CLK itu.
7. Grendel D dan Flip-Flop D
Ø Flip-flop D
hampir selalu berkunci waktu. Diantara dua macam flip-flop D yang telah
disebutkan di atas, macam bersulut tepi adalah jenis yang paling umum digunakan
pada komputer. Sesungguhnya, lembar data biasanya menuliskan flip-flop D bersulut
tepi hanya sebagai flip-flop D saja.
3. FLIP-FLOP JK
Ø Kali ini kita
akan berbicara tentang bagaimana kita membuat pencacah yakni odometer biner
tara elektronika. Ketika kita sampai pada rangkaian yang dapat mencacah, maka
flip-flop JK adalah unsur memori yang ideal untuk digunakan.
Ø Gambar di bawah
ini menunjukkan satu cara untuk membuat flip-flop JK. J dan K disebut masukan
kendali mereka menentukan apa yang dilakukan flip-flop ketika tepi kunci waktu
positif tiba.
Ø Seperti
sebelumnya, rangkaian RC dengan konstanta waktu pendek mengkonversi pulsa
persegi ke taji sempit. Dan
karena gerbang AND, rangkaian itu bersulut tepi-positif.
Gambar : flip-flop JK
Ø ketika J dan K
rendah, maka kedua gerbang AND menjadi disable. Karena itu, pulsa kunci-waktu
tidak mengakibatkan apa-apa. Kemungkinan pertama ini adalah entri pertama pada
table di bawah ini.seperti tampak di situ, ketika J dan K kedua-duanya 0, maka
Q mempertahankan nilai akhirnya . flip-flop tetap tergrendel.
TABEL FLIP-FLOP JK
J
|
K
|
Q
|
Kegiatan
|
0
|
0
|
Status terakhir
|
Tergrendel
|
0
|
1
|
0
|
Riset
|
1
|
0
|
1
|
Set
|
1
|
1
|
Status terakhir
|
Togel
|
Ø Ketika J rendah
dan K tinggi, maka gerbang diatas menjadi disabel, sehingga tiada jalan untuk
men-set flip-flop. Satu-satunya kemungkinan adalah me-riset. Ketika Q tinggi,
maka sebegitu tepi kunci-waktu possitif berikutnya tiba, gerbang bawah
menerusakan sulutan riset. Ini
Ø memeksa Q untuk
menjadi rendah ( entri kedua pada table diatas ). Karena itu , J = 0 dan K = 1
menunjukkan bahwa tepi kuncu waktu postif brikutnya me-riset flip-flop (kecuali
kalau Q memang sudah rendah ).
Ø Ketika J dan K
rendah, maka gerbang bawah menjadi disabel, sehingga tidaklah mungkin untuk
me-riset flip-flop. Namun, kita dapat men-set flip-flop sebagai berikut. Ketika
Q rendah, maka Q tinggi karena itu ,
pada tepi kunci-waktu positif berikutnya, gerbang atas meneruskan seperangkat
sulut. Ini menggerakan Qke status tinggi ( entri ketiga pada tabel diatas ).
Ø Seperti tampak
di situ, J = 1 dan K = 0 menyebabkan tepi kunci-waktu positif berikutnya
men-set flip-flop ( kecuali kalau memang Q sudah tinggi 0.
Ø Ketika J dan k
adalah tinggi, maka flip-flop dapat di-set atau di-riset. Jika Q tinggi, maka
pada tepi kunci waktu berikutnya, gerbang bawah menerusakn sulutan riset.
Sebaliknya, ketika Q rendah maka pada tepi kunci waktu positif berikutnya,
gerbang atas meneruskan sulutan. Pada
keadaan yang mana saja, Q berubah ke pelengkap dari status terakhirnya. Karena
itu, J = 1 dan K = 1 menyebabkan flip-flop togel pada tepi kunci waktu poisitif
berikutnya. ( “ Togel”berarti
mensakelar ke status lawannya ).
a. Pacuan
Ø Waktu tangguh rambatan mencegah flip-flop JK
untuk berpacu ( mentogel lebih dari sekali selama tepi kunci positif ).
Ø Mengapa demikian ? pada waktu itu, sinyal
baru Q dan Q sudah terlambat untuk bertumpah tindih dengan taji positif yang
menggerakan gerbang AND.
b. Lambang
Ø Gambar di bawah
ini adalah lambang dari flip-flop JK dari rancangan apapun. J tinggi
menyebabkan set pada kunci-waktu positif berikutnys , K tinggi menghasilkan
riset. J dan K tinggi menimbulkan stu togel untuk setiap tepi kunci-waktu
positif.
Gambar :
flip-flop JK
Ø Kita dapat
memasang gerbang OR untuk memasang masukan PRESET dan CLEAR seperti pasa flip-flop D. gambar
diatas adalah lambang baku bagi flip-flop JK dengan fungsi tambahan ini.
Perhatikan bahwa ia bersulut tepi positif serta memerlukan PR tinggi untuk
preset dan CLR tinggi untuk di clear.
4.
T Flip-Flop
Gambar 5. T flip-flop
Ø Tabel Kebenaran:
T
|
Q
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
Ø Rangkaian T flip-flop
atau Togle flip-flop dapat dibentuk dari modifikasi clocked RSFF, DFF maupun
JKFF. TFF mempunyai sebuah terminal input T dan dua buah terminal output Q dan Qnot.
TFF banyak digunakan pada rangkaian Counter, frekuensi deviden dan sebagainya.
Comments
Post a Comment