Friday, 4 January 2013

Struktur Data


STRUKTUR DATA



Pengertian Struktur Data :

Struktur adalah Cara menyimpan atau mempresentasikan data didalam computer agar dapat dipakai atau digunakan secara efisien ( menghemat waktu, ruangan dll).
Data adalah Representasi dari fakta dunia nyata.
Jadi Struktur Data adalah fakta atau keterangan kenyataan yang disimpan, direkam, atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal, atau symbol.

Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

Daftar struktur data umum
1.     Record
2.     Larik
3.     Senarai
4.     Tumpukan
5.     Antrean
6.     Pohon

No comments:

Post a Comment